komunikasi data dan jaringan komputer

JARINGAN KOMPUTER

  1. A.    Pengertian Jaringan komputer

Pada dasarnya Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perusahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan komputer yang terhubung dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam Internet berlipat ganda.

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung denganjaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node. Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih komputer yang saling berhubungan diantara satu dengan yang lain, dan saling berbagi sumber daya misalnya CDROM, Printer, pertukaran file, atau memungkinkan untuk saling berkomunikasi secara elektronik. Komputer yang terhubung tersebut, dimungkinkan berhubungan dengan media kabel, saluran telepon, gelombang radio, satelit, atau sinar infra merah.

  1. B.     Jenis-Jenis Jaringan

Ada 3 macam jenis Jaringan/Network yaitu :

a. Local Area Network (LAN) /Jaringan Area Lokal.

Sebuah LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi. Beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya di jadikan sebuah file server. Yang mana digunakan untuk menyimpan perangkat lunak (software) yang mengatur aktifitas jaringan, ataupun sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputerkomputer yang terhubung ke dalam network. Komputer-komputer yang terhubung ke dalam jaringan (network) itu biasanya disebut dengan workstation. Biasanya kemampuan workstation lebih di bawah dari file server dan mempunyai aplikasi lain di dalam harddisknya selain aplikasi untuk jaringan. Kebanyakan LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya.

b. Metropolitan Area Network (MAN) / Jaringan area Metropolitan

Sebuah MAN, biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu : jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya. Misalnya Bank BNI yang ada di seluruh wilayah Ujung Pandang atau Surabaya.

c. Wide Area Network (WAN) / Jaringan area Skala Besar

Wide Area Networks (WAN) adalah jaringan yang lingkupnya biasanya sudah menggunakan sarana Satelit ataupun kabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK BNI yang ada di Indonesia ataupun yang ada di Negara-negara lain. Menggunakan sarana WAN, Sebuah Bank yang ada di Bandung bisa menghubungi kantor cabangnya yang ada di Hongkong, hanya dalam beberapa menit. Biasanya WAN agak rumit dan sangat kompleks, menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam Komunikasi Global seperti Internet. Tapi bagaimanapun juga antara LAN, MAN dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal, hanya lingkup areanya saja yang berbeda satu diantara yang lainnya.

  1. C.    Topologi Jaringan Komputer

Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehinggamembentuk jaringan. Cara yang saat ini banyak digunakan adalah bus, token-ring, star dan peer-to-peer network. Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.

 

 

 

  1. 1.      Topologi Bus

 

Topologi bus terlihat pada skema di atas. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:

 

Keuntungan yaitu:

 

  • Hemat kabel
  • Layout kabel sederhana
  • Mudah dikembangkan

Kekurangan yaitu:

  • Deteksi atau isolasi kesalahan sangat kecil
  • Kepadatan lalu lintas
  • Bila salah satu client rusak maka jaringan tidak dapat berfungsi
  • Diperlukan repeater untuk jarak jauh

 

 

  1. 2.      Topologi TokenRING

 

Topologi TokenRING terlihat pada skema di atas. Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalahcara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatanyang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan kesetiap simpul dan setiapinformasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:

Keuntungan:

  • Hemat Kabel

Kerugian:

  • Peka kesalahan
  • Pengembangan jaringan lebih kaku

 

 

 

  1. 3.      Topologi STAR

 

Merupakan kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemuasimpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server dan lainnyadinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server makasetiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menungguperintah dari server. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:

Keuntungan:

  • Paling fleksibel
  • Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak menganggu bagian jaringan lain
  • Kontrol terpusat
  • Kemudahan deteksi/isolasi kesalahan/kerusakan
  • Kemudahan pengelolaan jaringan

Kerugian:

  • Boros kabel
  • Perlu penanganan khusus
  • Kontrol terpusat(HUB) jadi elemen kritis

 

 

  1. 4.      Topologi Peer-to-Peer Network

 

Peer artinya rekan kerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapakomputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Dalam sistem jaringan ini yangdiutamakan adalah penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama. Pemakai komputer bernama Dona dapat memakai program yang dipasang di komputer Dino, dan mereka berdua dapatmencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan.Sistem jaringan ini juga dapat dipakai di rumah. Pemakai komputer yang memiliki komputer ‘kuno’,misalnya AT, dan ingin memberli komputer baru, katakanlah Pentium II, tidak perlu membuang komputer lamanya. Ia cukup memasang netword card di kedua komputernya kemudian dihubungkan dengan kabelyang khusus digunakan untuk sistem jaringan. Dibandingkan dengan ketiga cara diatas, sistem jaringanini lebih sederhana sehingga lebih mudah dipelajari dan dipakai.

 

 

 

 

 

 

 

http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer

http://itartikel.blogspot.com/2012/04/materi-jaringan-komputer.html

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: